Monday 14 May 2018

Arthritis Psoriatik

Psoriatic arthritis adalah penyakit sendi yang ditandai oleh psoriasis dan bentuk radang sendi terkait. Psoriasis adalah kondisi kulit yang umum. Seseorang dengan psoriasis biasanya memiliki bercak-bercak kulit yang tinggi, merah, dan bersisik. Kulit yang terkena dapat terlihat berbeda tergantung pada jenis psoriasis yang dimiliki individu. Arthritis adalah peradangan sendi. Psoriatic arthritis adalah tipe khusus dari arthritis yang agresif dan berpotensi merusak.

Psoriatic arthritis adalah penyakit autoimun, yang berarti bahwa sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan seseorang. Jarang, seseorang dapat mengalami psoriatic arthritis tanpa psoriasis yang jelas. Biasanya, semakin parah gejala kulit, semakin besar kemungkinan seseorang akan mengalami psoriasis arthritis.

Psoriasis mempengaruhi sebagian kecil orang kulit putih di Amerika Utara, dan kurang umum di Afrika-Amerika dan penduduk asli Amerika. Artritis psoriatik mempengaruhi sekitar 15% orang dengan psoriasis. Banyak orang yang mengalami psoriasis mungkin tidak tahu bahwa mereka memiliki psoriasis arthritis.

Pria dan wanita sama-sama memiliki psoriasis. Pasien dengan psoriatic arthritis, laki-laki lebih cenderung memiliki bentuk di mana tulang belakang dipengaruhi (bentuk spondylitic), dan perempuan lebih cenderung memiliki bentuk di mana banyak sendi di kedua sisi tubuh yang terlibat (bentuk rheumatoid). .

Artritis psoriasis biasanya terjadi pada orang berusia 35-55 tahun. Namun, itu bisa berkembang pada orang-orang hampir semua usia.

Penyebab Psoriasis Arthritis dan Faktor Risiko

Penyebab artritis psoriasis belum diketahui. Ini mungkin hasil dari kombinasi faktor genetik (keluarga), lingkungan, dan kekebalan tubuh. Persentase yang signifikan dari orang-orang dengan psoriasis atau psoriatic arthritis memiliki kerabat dekat dengan kondisi tersebut. Kecenderungan yang diwariskan ini mungkin merupakan faktor risiko utama yang paling kuat. Kadang-kadang psoriasis mungkin terkait dengan infeksi sebelumnya.

Gejala dan Tanda-Tanda Arthritis Psoriatik

Orang dengan psoriasis arthritis mungkin tidak memiliki temuan kulit yang jelas, atau mereka mungkin memiliki kulit bersisik minimal pada kulit kepala, di pusar, atau di antara pantat. Beberapa orang dengan psoriatic arthritis mungkin hanya memiliki kelainan kuku dan radang sendi dan tidak ada gejala kulit lainnya. Dalam satu penelitian, artritis tercatat lebih sering pada orang dengan keterlibatan kulit yang parah. Dalam penelitian lain, psoriasis pustular dikaitkan dengan arthritis psoriasis yang lebih berat.

Orang dengan psoriatic arthritis mungkin memiliki berbagai perubahan kuku (psoriasis kuku). Kuku mungkin mengendur (onycholysis) dan mungkin ada garis-garis di kuku (sisi ke sisi daripada akar ke ujung) atau bintik-bintik kuning di kuku. Mungkin juga ada lubang kecil di kuku. Semakin banyak lubang di kuku, semakin besar kemungkinan psoriasis. Biasanya, jika gejala-gejala kulit dan arthritis dimulai pada saat yang bersamaan, temuan kuku juga dimulai.

Seringkali, jika seseorang memiliki gejala pada sendi di ujung jari tangan atau kaki, maka kuku tersebut akan terpengaruh. Banyak orang dengan psoriasis arthritis memiliki kelainan kuku. Beberapa orang dengan psoriasis yang tidak rumit memiliki perubahan kuku. Kelainan kuku biasanya ada pada orang yang mengalami artritis berat dengan kelainan bentuk di tangan dan kaki. Kuku juga bisa terinfeksi jamur. Penyedia perawatan kesehatan akan menilai mereka dan meresepkan obat antijamur jika demikian.

Biasanya, psoriasis terjadi sebelum arthritis, kadang-kadang sebanyak 20 tahun sebelum arthritis. Katakan kepada dokter Anda jika Anda memiliki riwayat keluarga psoriasis karena ini dapat menjadi petunjuk penting untuk jenis radang sendi.

Beberapa orang dengan psoriasis arthritis memiliki gejala mata, termasuk radang mata (konjungtivitis), dan radang iris (iritis), bagian mata yang berwarna. Anak-anak dengan psoriasis arthritis juvenil (lihat di bawah) diperiksa setiap tahun oleh dokter mata untuk memeriksa masalah mata.

Rasa sakit dan peradangan dapat berkembang di mana otot dan tendon Anda terhubung ke tulang, terutama di tumit dan telapak kaki.

Gejala awal psoriatic arthritis mungkin parah. Jika gejala hanya di kaki atau jari kaki, mereka mungkin keliru bagi mereka yang menderita gout. (Orang dengan psoriasis dapat memiliki gout. Melihat cairan sendi untuk kristal gout biasanya dapat membuat diagnosis jelas.) Orang lain dengan psoriatic arthritis mungkin hanya memiliki kekakuan dan rasa sakit dan beberapa masalah fisik yang jelas. Orang dengan HIV sering memiliki gejala kulit yang lebih parah.

No comments:

Post a Comment