Monday 14 May 2018

Gejala dan Tanda-Tanda Fenomena Raynaud

Ketika seseorang mengalami serangan fenomena Raynaud, arteri-arteri kecil di lengan dan kaki menjadi kejang atau menjadi sempit, yang membatasi aliran darah ke organ-organ distal. Jaringan menjadi kekurangan oksigen darah, yang menyebabkan perubahan warna pada kulit. Namun, harus dipahami bahwa fenomena Raynaud tidak sama dengan radang dingin.

    Pada awalnya, kulit memucat, berubah sangat putih, kemudian menjadi biru ketika oksigen dalam jaringan yang terlibat menurun. Ketika aliran darah membaik, kulit sering menjadi merah dan akan berdenyut. Perubahan tiga warna klasik ini tidak terlihat pada semua orang, dan urutan perubahan warna juga dapat bervariasi. Individu yang terkena juga akan melaporkan mati rasa di jari dan sesekali rasa sakit. Kulit yang terkena terasa sangat dingin. Daerah yang menderita kekurangan oksigen sangat berbatas tegas, biasanya terjadi pada garis sendi.

    Perubahan biasanya terjadi di jari-jari. Blansing dapat terjadi hanya dengan satu atau dua jari, tetapi tidak jarang melihat perubahan pada semua jari. Selain itu, dapat mempengaruhi jari-jari kaki, ujung hidung, puting susu, bibir, atau bahkan daun telinga. Fenomena Raynaud hampir selalu bilateral tetapi kadang-kadang hanya dapat mempengaruhi satu tangan.

    Setelah arteri rileks lagi, jaringan akan menerima lebih banyak oksigen. Warna kulit berubah dari biru menjadi warna merah cerah. Perubahan warna dari putih ke biru menjadi merah disebut reaksi triphasic. Perubahan warna ini adalah informasi penting bagi dokter Anda untuk membuat diagnosis.

Serangan fenomena Raynaud biasanya berlangsung beberapa menit, meskipun kadang-kadang bisa berlangsung beberapa jam.

Apa Spesialis Mengatasi Fenomena Raynaud?

Fenomena Raynaud ditangani oleh sejumlah profesional perawatan kesehatan. Seringkali, diagnosis dibuat oleh dokter perawatan primer atau rheumatologist. Kadang-kadang, diagnosis juga dapat dilakukan oleh dokter kulit (dokter kulit) atau ahli bedah vaskular. Ketika penyakit stabil, mayoritas pasien menindaklanjuti dengan dokter perawatan primer mereka.

Mereka yang mengalami flare-up dengan ulkus pada ujung jari mungkin perlu dilihat oleh seorang ahli bedah vaskular untuk mengangkat jaringan yang mati. Ahli bedah vaskular dan rheumatologists juga memainkan peran aktif ketika memutuskan pengobatan.

No comments:

Post a Comment