Monday 14 May 2018

Jenis-Jenis Arthritis Psoriatik

Jika Anda memiliki psoriatic arthritis, kondisi Anda mungkin jatuh ke salah satu pola di bawah ini.

Radang sendi oligoarticular asimetris (radang sendi yang melibatkan beberapa sendi tetapi tidak harus sendi yang sama di kedua sisi tubuh atau sendi lain yang serupa di sisi tubuh yang sama):

    Biasanya, jari-jari tangan dan kaki dipengaruhi terlebih dahulu. Jari-jari mungkin memiliki penampilan "sosis" (disebut dactylitis). Ini terjadi pada 35% orang dengan psoriasis arthritis.
    Biasanya, kurang dari lima sendi terpengaruh pada waktu tertentu.

Polyarthritis simetris (radang sendi yang melibatkan sendi yang sama pada kedua sisi tubuh, seperti rheumatoid arthritis) adalah salah satu tipe yang paling umum:

    Tangan, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan kaki mungkin terlibat.

Artropati interphalangeal distal (artritis pada sendi di ujung jari tangan dan kaki):

    Keterlibatan sendi di ujung jari tangan dan kaki hanya terjadi pada 5% -10% orang dengan psoriatic arthritis, paling sering laki-laki. (Keterlibatan sendi di ujung jari dan di jempol kaki dapat terjadi pada osteoarthritis, tetapi osteoartritis jauh lebih sedikit inflamasi daripada psoriasis arthritis.) Paku mungkin terlibat. Kulit di sekitar tepi kuku Anda mungkin meradang (disebut paronychia).

Arthritis mutilans (bentuk jangka panjang artritis psoriasis yang merusak di mana sendi-sendi rusak berat dan cacat dapat dilihat, terutama di tangan dan kaki):

    Ini dapat terjadi pada orang dengan psoriatic arthritis dan bisa parah.
    Tulang dapat melunak dan terserap oleh jaringan sekitarnya (disebut osteolisis), dan sendi dapat larut.
    Jika jari dan pergelangan tangan menjadi lebih pendek dengan lipatan kulit di sekitarnya, kondisi ini disebut "tangan kaca opera". Ini lebih sering terjadi pada pria daripada pada wanita.

Spondilitis (radang tulang belakang di tulang belakang) dengan atau tanpa sakroiliitis (radang sendi sakroiliaka di panggul) dan radang pinggul:

    Spondilitis terjadi pada persentase rendah orang dengan psoriasis arthritis, biasanya laki-laki.
    Orang-orang yang memiliki pola artritis psoriatik lain mungkin juga memiliki kondisi ini.
    Gejala yang khas adalah kekakuan punggung bawah di pagi hari, tetapi tidak semua orang memiliki ini. Dapat terjadi tanpa keterlibatan sendi panggul / panggul, yang sering terjadi hanya pada satu sisi tubuh. Kadang-kadang gejala seseorang tampaknya tidak sesuai dengan temuan pada sinar-X.
    Vertebra tidak terpengaruh secara merata. Sendi di leher dapat terpengaruh dan bukan tulang punggung bagian bawah.
    Dokter Anda mungkin melihat fitur yang tidak biasa pada sinar-X, seperti pertumbuhan tulang pada ligamen.

Psoriasis arthritis juvenil (psoriatic arthritis yang menyerang anak-anak):

    Psoriasis arthritis juvenile menyumbang beberapa kasus artritis pada anak-anak.
    Ini sering terjadi pada gadis 9 hingga 10 tahun. Biasanya ringan, tetapi kadang-kadang parah dan berlangsung hingga dewasa.
    Pada setengah dari anak-anak yang terkena dampak, hanya satu sendi yang terpengaruh. Sendi di ujung jari tangan atau kaki juga melibatkan sekitar setengah dari orang yang terkena.
    Tendon yang meradang dalam persentase yang signifikan dari anak-anak yang terkena dampak. Kuku terlibat dalam mayoritas anak-anak yang terkena, dan lubang kecil sering dapat dilihat pada kuku.
    Masalah pertumbuhan tulang dan pemendekan karena peradangan dapat terjadi pada hampir setengah dari anak-anak yang terkena.
    Sacroiliitis (radang sendi sakroiliaka di pelvis) atau radang sendi pinggul terjadi pada beberapa anak yang terkena.
    Onset psoriasis dan arthritis pada saat yang sama terjadi lebih sering pada anak-anak daripada orang dewasa. Arthritis terjadi sebelum psoriasis pada setengah dari anak-anak yang terkena.

No comments:

Post a Comment